Mengabadikan momen lewat tulisan

Rabu, Mei 11, 2016

Usia Berapa Harus Mulai Menghafal Al Quran

 on  with 2 comments 
In  

Pasti banyak dari kita yang ingin bisa menghafal Al Quran. Baguslah kalau di dalam hati kita mempunyai keniatan baik pengin hafal Al Quran. Tapi biasanya jika ada niatan baik pasti akan dihalang-halangi oleh setan dan iblis. Setan dan iblis nggak akan tinggal diam. Mereka tak henti-hentinya menggoda dan membisiki agar niatan baik tersebut tidak jadi dilakukan. Seperti niatan menghafal Al Quran ini. Kita ambil contoh; ketika masih sekolah sudah ada keniatan untuk menghafal Al Quran. Lalu menghafalah dari surat pendek-pendek dulu. Namun baru beberapa hari menghafal sudah ada kejenuhan. Sudah ada fikiran; "Duh kayanya enak deh menghafal Al Quran nya setelah lulus sekolah aja. Kalau sekarang masih belum konsen. Soalnya harus menghafal pelajaran juga". Nah itulah salah satu contoh bisikan setan dan iblis. Jika kemakan bisikan setan akhirnya niatan menhafal al quran hilang.

Begitu pula saat sudah lulus sekolah. Kembali lagi ada niatan untuk menghafal Al Quran. Lalu setan dan iblis pun dengan halusnya membisikan; "Ntar aja menghafal al quran nya kalau sudah mendapatkan pekerjaan. Sekarang fokuskan dulu untuk mencari pekerjaan". Dan jika sudah mendapatkan pekerjaan setanpun masih akan tetap membiski agar niatan baik tersebut tidak lagi dilakukan. Biasanya kalau sudah mendapatkan pekerjaan pikiran pun beda lagi, seperti; "Pulang kerja capek, menghafal al quran nya ntar lagi aja". Dan seterusnya setan akan selalu membisiki agar sampai akhirnya tidak menghafal al quran sama sekali.

Lantas kapan waktu yang tepat atau usia yang tepat untuk menghafal Al Quran?
Jawabannya adalah Now..!!. Iya sekaranglah waktu yang tepat untukmu menghafal Al Quran. Berapapun usiamu lakukan saja dan jangan pernah putus di tengah jalan. Jadi jika sekarang usia ku 20 tahun masih bisa dong menghafal Al Quran?. Ya pasti bisa banget. Contohnya adalah Ustadz Yusuf Mansyur. Beliau menghafal Al Quran sejak usianya 22 tahun. Intinya dalam menghafal Alquran jika sudah ada keniatan maka langsung laksanakan dan jangan berhenri di tengah jalan. Jangan memikirkan apapun. Entah itu takut mengganggu pekerjaan, sekolah ataupun yang lainnya.

Apakah menghafal Al Quran harus di pondok pesantren?
Jika dilingkungan pondok pesantren memang akan lebih cepat bisa menghafal Al Quran. Ya karena lingkungan dan juga disana ada target. Jadi kalau Kyai nyuruh surat ini harus hafal besok, mau tidak mau ya harus hafal. Akan tetapi yang tidak berada di lingkungan pesantren jangan patah semangat. Jika bisa mengatur waktu, jangan menuruti bisakan setan dan continue menghafal Al Quran, Insyaalloh bisa. Dan jangan lupa manfaatkan teknologi yang ada.

Ayo mulai sekarang semangat menghafal Alquran. Mungkin Musa La Ode Abu Hanafi bisa membuat kita lebih semangat lagi dalam menghafal Al Quran. Siapa sih yang tak kenal Musa? Dia adalah anak kecil yang usianya saat ini 7 tahun. Namun dalam menghafal Al Quran dia sudah ahlinya. Nggak tanggung-tanggung, bukan 1 Juzz atau 2 Juzz tapi yang dia hafal 30 Juzz Wow. Bahkan 2 bulan yang lalu anak ini baru saja memenangkan juara 3 lomba MTQ Internasional di Mesir. Prestasi yang sangat luar biasa.







Share:

2 komentar:

  1. dohhh saya masih kalah sama anak-anak hafidz Qur'an, masih hapal sedikit T_T

    BalasHapus
  2. Manusia memiliki kemampuan mengembangkan otaknya menyerupai super komputer hingga mampu menghafal dan memahami ribuan ilmu pengetahuan dalam waktu singkat dengan metode yang efektif dan ilmiah.
    Latih dan kembangkan otak anda dengan bergabung di www.bakatsuper.com

    BalasHapus

Silahkan berkomentar. No anarkis, No Tawuran. Berkomentarlah dengan bijak